Contoh Karya Tulis Ilmiah


Contoh Karya Tulis Ilmiah
Bila diantara kalian sulit tuk menyelesaikan sebuah tugas yang bertemakan karya tulis ilmiah admin harap jangan merasa berkecil hati karena contoh karya tulis ilmiah yang telah disajikan tentu dapat menolong kalian semua

dimana diantara banyaknya contoh dari karya tulis ilmiah yang ada cuman dari contoh yang tersaji dibawah yang paling lengkap yang pernah ditemukan di internet,sehingga tak heran bila dari contoh karya tulis ilmiah ini sering menjadi informasi terbaru ditiap blog dan juga yang paling banyak dicari.

Nah untuk mempersingkat waktu luang anda yang sedang mencari cara penulisan serta penyusunan makalah dengan karya tulis ilmiah yang baik dan benar sebagai bahan referensi tentunya akan dapat anda temukan yang telah tersedia dibawah ini. Yuk langsung saja disimak beberapa dari contoh karya tulis ilmiah serta pengertiannya berikut ini.

Contoh Karya Tulis Ilmiah
==========================

**Bentuk Karya Ilmiah**

1. Makalah

Makalah merupakan salah satu jenis karya ilmiah. Pada umumnya, makalah disusun untuk penulisan di dlaam publikasi ilmiah, misalnya jurnal ilmu pengetahuan, proceeding untuk seminar bulletin, dan lain sebagainya. Cirri pokok sebuah makalah adalah singkat, hanya pokok permasalahan, dan tanpa daftar isi.


2. Report atau Karya Ilmiah yang Dibukukan

Karya ilmiah jenis ini biasanya ditulis untuk melaporkan hasil-hasil penelitian, observasi, atau survey yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok. Karya ilmiah yang termasuk jenis ini adalah skripisi untuk S1, tesis untuk S2, dan disetasi untuk S3.


3. Buku Ilmiah

Buku ilmiah merupakan sebuah contoh karya ilmiah yang tersusun dan tercetak dalam bentuk buku oleh sebuah penerbit buku umum untuk dijual secara komersil. Buku ilmiah ini dapat berisi pelajaran khusus hingga pengetahuan umum lainnya.


**Jenis-jenis Karya Ilmiah**

1. Skripsi

Skripsi adalah sebuab karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai syarat untuk mendapatkan gerlar sarjana (S1). Skripsi ditulis berdasarkan pendapat atau teori orang lain. Pendapat tersebut didukung oleh data-data dan fakta empiris yang bersifat objektif, baik berdasarkan penelitiaan langsung, observasi lapangan, penelitiaan di laboratorium, atau hanya berupa studi kepustakaan. Penulisan skripsi menuntut penulisnya memiliki kecermatan metodologis hingga berbuah sumbangan berupa penemuan baru.

2. Tesis

Tesis adalah sebuah contoh karya ilmiah yang bobotnya lebih besar dan lebih tajam jika dibandingkan dengan skripsi. Tesis biasanya ditulis untuk menyelesaikan program pascasarjana. Dalam penulisannya, dituntut kemampuan dalam menyusun karya ilmiah, mulai dari abstraks hingga bibliografi. Artinya, penulis tesis harus memiliki kemampuan mandiri dalam menyusun karya ilmiah, meskipun dipandu oleh dosen pembimbing.

3. Disertasi

Disertasi ditulis berdasarkan penemuan keilmuan yang bersifat orisinal. Dalam penulisan disertasi, penulis mengemukakan dalil yang dibuktikan berdasarkan data dan fakta yang valid dengan analisis terinci. Sebuah disertasi memuat penemuan-penemuan baru, pandangan baru yang filosofis, teknik atau metode baru tentang sesuatu sebagai cerminan pengembangan ilmu yang dikaji dalam level yang lebih tinggi. Disertasi biasanya disusun oleh mahasiswa program S3.


**Ciri-ciri Karya Ilmiah**

1. Struktur Sajian

Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat. Biasanya, sebuah karaya ilmiah terdiri atas bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup. Bagian awal merupakan pengantar ke bagian inti, sedangkan inti merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan yang dapat terdiri dari beberapa bab atau subtopik. Sementara itu, bagian penutup merupakan kesimpulan pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan tersebut.


2. Komponen dan Substansi

Komponen karya ilmiah sangat bervariasi sesuai dengan jenisnya. Namun, semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak.


3. Sikap Penulis

Sikap penulis dalam karya ilmiah bersifat objektif. Sikap tersebut disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.


4. Penggunaan Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah merupakan bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata, istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baik dan benar.
Tujuan Penulisan Karya Ilmiah

*Sebagai sarana untuk melatih pengungkapan hasil pemikiran atau hasil penelitiaan dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.

*Menumbuhkan etos ilmiah dalam diri para mahasiswa sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, khususnya setelah masa studinya selesai.

*Karya ilmiah yang ditulis diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dan masyarakat atau oramng-orang yang berminat membacanya.

*Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari bidang yang ditekuninya.

*Melatih keterampilan dasar untuk melakukan sebuah penelitian.

**Manfaat Karya Ilmia**

  *Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca efektif.

  *Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber.

  *Mengelkan dengan kegiatan kepustakaan.

  *Meningkatkan pengorganisasian fakta atau data secara jelas dan sistematis.

  *Memperoleh kepuasan intelektual.

  *Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.

  *Sebagai bahan acuan atau penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya.

Sistematikan Penulisan Karya Ilmiah

1. Bagian Pembuka

    *Cover.

    *Halaman judul.

    *Halaman pengesahan.

    *Abstrak.

    *Kata pengantar.

    *Daftar isi.

    *Ringkasan isi.

2. Bagian Isi
A. Pendahuluan

*Latar belakang masalah.

*Perumusan masalah.

*Pembahasan/pembatasan masalah.

*Tujuan penelitian.

*Manfaat penelitian

B. Kajian Teori atau Tinjauan Pustaka]

*Pembahasan teori.

*Kerangka pemikiran.

*Pengajuan hipotesis.

C. Metodologi Penelitian

*Waktu dan tempat penelitian.

*Metode dan rancangan penelitian.

*Populasi dan sampel.

*Instrument penelitian.

*Pengumpulan data dan analisis data.

D. Hasil Penelitian

*Jabaran varibel penelitian.

*Hasil penelitian.

*Pengajuan hipotesis.

*Diskusi penelitian, mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya.

E. Penutup

*Daftar pustaka.

*Lampiran-lampiran antara lain instrumen penelitian.

*Daftar Tabel

Sikap Ilmiah dalam Karya Ilmiah

Sejatinya, karya ilmiah merupakan karya tulis yang bertujuan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan baru dengan cara melakukan penelitian. Dapat disimpulkan bahwa karya ilmiah selalu berhubungan erat dengan dunia pendidikan karena dunia pendidikan merupakan sector oaling aktif yang mengaplikasikan karya ilmiah.

Zona Terbaru

Zona PopuLer

 
Contoh Karya Tulis Ilmiah - Zona Informasi Terbaru
Blogger Template by Blogger Mbojo *Share In* Premium Wordpress Themes and Blogger Template * Support Informasi Terbaru * Kata Kata Galau * Jasa Tuwumori * Kata Kata Penyesalan * Host In Blogger.com